Rabu, 23 Mei 2018

Membina Ukhuwah

Ukhuwah dari kata () akhun yang berarti saudara. Ukhuwah () bermakna persaudaraan. Membina berarti membangun atau mengusahakan supaya lebih baik.  Membina ukhuwah berarti melestarikan persaudaraan dengan sesama dengan usaha tertentu agar lebih baik.  Ukhuwah harus dibina untuk mencapai sesuatu yang kita inginkan yakni kekokohan.   Dalam doktrin agama islam manusia tercipta dari nabi adam as artinya semua manusia adalah saudara. Dengan membina ukhuwah umat manusia dapat bersatu untuk mencapai tujuan.  

Kehidupan manusia di bumi sudah berlangsung ribuan bahkan jutaan tahun.  Manusia telah menyebar di berbagai penjuru dunia.  Bahasa, warna kulit dan berbagai karakter tak bisa terelakkan berbeda beda.  Kelompok masyarakat,  suku, agama sangat banyak sekali dibumi ini.  

Firman Allah dalam surat ar rum ayat 22 "dan di antara tanda-tanda kekuasaaNya ialah menciptakan langit dan bumi dan berlainan bahasamu dan warna kulitnya.  Sungguh pada yang demikian itu benar benar terdapat tanda tanda bagi orang yang mengetahui". 

Dalam surat al hujarat ayat 13 yang artinya "hai manusia, sungguh kami menciptakan kalian dari jenis laki laki dan perempuan dan menjadikan kalian berbangsa bangsa dan bersuku suku supaya kalian saling mengenal.  Sungguh orang yang paling mulia diantara kalian di sisi allah ialah orang yang paling bertakwa.  Sungguh allah maha mengetahui lagi maha mengenal". 

Ayat ayat di atas menunjukkan bahwa terdapat kemajemukan atas ciptakan Allah.  Hal ini membawa konsekwensi agar hambaNya menyadari memang allah menciptakan sesuatu itu berbeda beda. Dalam kemajemukan ada hikmah yang harus dipetik.  

Di sisi lain,  untuk menanggapi perbedaan dan kemajemukan atas ciptaaNya,  Allah juga menyerukan perdamainan dan kasih sayang.  Surat al hujarat ayat 10 yang memerintahkan kita untuk saling menjaga dan mempererat tali persaudaraan. Allah berfirman yang artinya: "sungguh orang orang beriman itu bersaudara. Sebab itu damaikanlah (pebaikilah berhungan)  antara kedua saudaramu dan takutlah kepada Allah,  supaya kamu mendapat rahmat". 

Terkait ayat diatas terdapat spirit persaudaraan. Persaudaraan untuk mewujudkan perdamaian. Oleh karena itu semua orang harus merasa bersaudara. 

Dalam konteks ini Ada tiga konsep ukhuwah yang ditawarkan oleh kh.  Ahmad siddiq. Yakni: ukhuwah islamiyah (persaudaraan seagama islam),  ukhuwah wathaniyah (ukhuwah kebangsaan) dan ukhuwah basyariah (persaudaraan kemanusiaan).  

Dalam mengarungi ukhuwah ada suatu penyakit yang bisa merusak.  Penyakit tersebut ada karena bersumber dari perbedaan.  Beberapa perbedaan ini akan meruncing abila dibesar besarkan oleh kelompok berkepentingan.  

Persaudaraan bisa hancur jika hal hal ini dilakukan. Pertama,  mengingkari kesepakatan bersama. 

Kedua,  memperbesar pebedaan.  

Ketiga,  memaki sesuatu yang dimuliayakan.  

Dalam hal ini ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mengukuhkan ikatan ukhuwah antar sesama.  Pertama,  pemahaman bersama. 

Kedua,  menyadari perbedaan adalah sunnatullah. 

Ketiga,  saling memahami. 
Dengan cara dialog 

Paling tidak dengan ketiga hal di atas ukhuwah dengan sesama dapat dibina. Karena semua manusia adalah saudara. 
Tidak ada guna memelihara permusuhan.  Karena musuh yang nyata bagi manusia hanyalah syaitan.  Wallahu a'lam bi sawab...!

NB: belum diedit

1 komentar:

AMISHA mengatakan...




Saya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.

Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.

saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp35 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

Pembayaran yang fleksibel,
Suku bunga rendah,
Layanan berkualitas,
Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan

Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)

Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Bluehost